Manfaat Lidah Buaya Untuk Jerawat Dan Untuk Kecantikan Kulit

Manfaat lidah buaya untuk jerawat tak bisa dipandang sebelah mata, bahkan Lidah buaya adalah salah satu tanaman yang sangat populer serta termasuk salah satu obat tertua yang dipakai untuk mengatasi Jerawat. Dan tak hanya ampuh untuk mengatasi jerawat namun lidah buaya juga ampuh untuk mengatasi luka bakar, terbakar sinar matahari, penyembuhan luka, serta lecet tingkat ringan.

Manfaat lidah buaya untuk jerawat

Tanaman lidah buaya seperti spesies kaktus, memiliki daun yang mengandung daging tebal yang bisa diaplikasikan untuk membantu mengatasi masalah kulit. Manfaat lidah buaya ini sudah dikenal di berbagai penjuru dunia. Di Mesir ditemukan ukiran batu berusia 6.000 tahun dengan gambar tanaman lidah buaya.

Kemudian untuk jerawat sendiri, jerawat adalah masalah kulit yang sering terjadi pada sebagian orang, yakni kondisi di mana pori-pori kulit tersumbat yang disertai dengan minyak yang berlebih, sumbatan tersebut bersamaan dengan sel-sel yang mati serta ditambah bakteri.

Jerawat sendiri umumnya sering ditemui di sebagian besar wajah, punggung dan dada. Jerawat biasanya mempunyai warna merah. Dan Lidah buaya bisa digunakan sebagai bahan aktif untuk pelembab, mencuci wajah, sabun serta lotion tabir surya karena kemampuan kuratif serta sifat yang menenangkan. Berikut ulasan selengkapnya mengenai beberapa manfaat lidah buaya untuk kesehatan kulit.

Manfaat lidah buaya untuk jerawat

Lidah buaya tak hanya bermanfaat untuk mengatasi jerawat, namun Lidah buaya juga mempunyai manfaat lainnya yakni lidah buaya mampu mengatasi minyak berlebih pada kulit. Di dalam Lidah buaya terkandung hormon yang biasa disebut dengan polisakarida dan giberelin yang berfungsi sebagai antibakteri serta membantu dalam membasmi bakteri penyebab jerawat.

Bahan tersebut merupakan zat alami yang bisa membantu menghilangkan kelebihan minyak, sel kulit mati dan kotoran yang bisa menyebabkan penyumbatan pada pori-pori kulit penyebab infeksi bakteri. Selain itu juga bisa membantu merangsang pertumbuhan sel, dengan begitu kulit yang rusak bisa lebih cepat sembuh serta mengurangi bekas luka.

Dan tentu saja salah satu manfaat lidah buaya adalah untuk mengatasi kulit yang berjerawat. Lidah buaya mempunyai sifat misalnya seperti antiinflamasi, antibakteri, astringent, serta bisa membantu mengurangi bekas luka.

Tak hanya itu, lidah buaya juga bisa merangsang pertumbuhan sel dan membantu mengatasi jerawat dengan sangat alami dan efektif. Dan manfaat lidah buaya untuk jerawat ini telah terbukti dan sudah banyak yang menggunakan lidah buaya untuk mengatasi jerawat.

Lidah buaya juga mengandung vitamin esensial, asam amino, mineral, protein, dan enzim di mana tubuh serta kulit harus berfungsi baik dengan cara mendongkrak sistem kekebalan tubuh.

Kemudian sifat antibakteri yang terdapat pada gel lidah buaya juga sangat efektif dalam mengatasi jerawat serta mengurangi efek kemerahan yang muncul karena jerawat tersebut. Lidah buaya dapat mencegah bakteri akibat dari infeksi luka oleh jerawat serta mempercepat proses penyembuhannya.

Sifat antijamur pada lidah buaya juga sangat berguna untuk mengatasi peradangan, misalnya seperti penyebab bisul serta kista pada kulit. Kandungan Magnesium laktat yang ada dalam lidah buaya juga bisa membantu meringankan rasa gatal yang diakibatkan oleh jerawat. Magnesium laktat tersebut juga sangat efektif untuk mengatasi ruam pada kulit.

Zat yang terkandung dalam lidah buaya juga bisa menghilangkan kelebihan minyak serta kotoran dari kulit guna mencegah menyebarnya jerawat. Lidah buaya juga bisa mengurangi ukuran nodul jerawat serta ukuran kista dan menghilangkan rasa sakit akibat pembengkakan.

Gel lidah buaya juga dapat membantu mengurangi bekas jerawat dengan cara meregenerasi kulit. Antrakuinon pada lidah buaya bisa menyegarkan serta memberi nutrisi penting bagi kulit dan meningkatkan perkembangan sel hingga pemulihan. Hal tersebut bisa membantu menghilangkan bekas jerawat serta membuat kulit cerah dan mengurangi timbulnya bekas luka serta noda akibat jerawat.

Lidah buaya juga mengandung saponin seperti polisakarida dan giberelin yang bisa membunuh bakteri pencetus jerawatlidah buaya juga mengandung asam salisilat, yakni senyawa yang bisa menghilangkan komedo, jerawat, dan whiteheads pada kulit.

Lidah buaya juga dapat membantu mengatur keseimbangan pH kulit. Aplikasi gel lidah buaya pada wajah bisa mengencangkan pori-pori, dengan begitu maka akan mengurangi pori-pori dari paparan kuman. Lidah buaya tak otomatis menghilangkan jerawat namun mengurangi peradangan, pembengkakan, dan kemerahan yang akibat jerawat.

Cara mendapatkan manfaat lidah buaya untuk jerawat ini sangatlah mudah, pertama siapkan daun lidah buaya yang masih segar kemudian cuci bersih dan remas untuk mendapatkan ekstrak gelnya. Selanjutnya ambil gel tersebut dan gosokkan ke kulit yang terkena jerawat.

Ulangi proses tersebut untuk 2 kali sehari dalam waktu setidaknya selama satu minggu untuk menghilangkan jerawat. Atau bisa juga menggunakan gel tersebut sebagai masker wajah. Cukup campurkan gel lidah buaya, dengan air mawar dan madu untuk membuat masker. Oleskan masker tersebut pada daerah yang berjerawat lalu bilas setelah 20 menit. Gunakan masker ini 3 kali seminggu untuk melenyapkan jerawat.

Leave a Reply