Mengupas Tuntas Manfaat Buah Naga Untuk Ginjal

Manfaat buah naga untuk ginjal – Memiliki tubuh yang sehat tentu saja menjadi keinginan setiap orang. Namun, tidak semua orang mendapatkan nikmat memperoleh tubuh yang sehat. Di masyarakat sendiri, banyak yang memiliki penyakit salah satunya adalah penyakit ginjal.

Manfaat buah naga untuk ginjal

Seperti yang kita ketahui, ginjal merupakan organ vital dari tubuh karena memiliki peran dalam menetralisir membersihkan cairan dalam tubuh kita. Namun jika ginjal tersebut rusak, maka tubuh juga akan mengalami kerusakan secara keseluruhan.

Untuk menghindari hal tersebut, maka ada beberapa hal yang dapat anda lakukan salah satunya mengkonsumsi makanan yang sehat dan memiliki manfaat yang baik untuk ginjal.

Salah satu makanan yang baik untuk ginjal berasal dari buah-buahan. Salah satu buah yang memiliki kandungan yang baik untuk ginjal anda adalah buah naga.

Tampilannya yang menarik dan unik ini memiliki warna merah pada bagian kulit luarnya dan memiliki kulit dengan bentuk yang unik. Buah ini sangat kaya dengan vitamin dan serat sehingga sangat baik dikonsumsi dan bermanfaat bagi tubuh terutama untuk kesehatan ginjal. Berikut manfaat dari buah naga.

Khasiat Buah Naga Untuk Ginjal

Makanan penjaga ginjal

Buah naga merupakan buah yang kaya dengan serat. Kandungan serat yang terdapat dalam buah naga mencapai 0,7-0,9 gram per 100 gram. Serat ini sangat baik dikonsumsi untuk anda yang memiliki sakit ginjal.

Bahkan tidak hanya penyakit ginjal, untuk anda yang memiliki penyakit seperti jantung, stroke, kanker, diabetes melitus juga sangat baik mengkonsumsi makanan ini karena serat yang ada dalam buah ini mampu mengikat zat-zat karsinogenik yang jika dibiarkan saja akan semakin membahayakan tubuh.

manfaat buah naga untuk ginjal lainnya adalah sebagai sumber betakaroten yang sangat diperlukan oleh tubuh. Provitamin ini nantinya akan dirubah menjadi vitamin yang akan sangat berguna untuk proses metabolisme tubuh. Betakaroten juga salah satu jenis antioksidan yang memiliki peran penting dalam menangkal radikal peroksil dan mampu menstabilkan radikal yang mengandung karbon.

Hal ini dapat terjadi karena betakaroten sendiri memiliki sifat antioksidan yang kaya dengan vitamin E dan efektif untuk melindungi tubuh anda dari radikal bebas yang mampu merusak tubuh.

Tidak hanya mengandung betakaroten, buah naga juga mengandung vitamin B1 yang jumlahnya mencapai 0,3 mg per 100 gram dan mengandung tiamin yang berfungsi sebagai vitamin yang akan membentuk senyawa yang kaya energi. Jika anda kekurangan tiamin, biasanya anda akan mengalami kelelahan, hilang selera makan, berat badan menurun, dan beberapa gangguan pencernaan lainnya.

Selain kandungan tersebut, buah naga juga mengandung protein, lemak, kalsium, fosfor, besi, vitamin B1, B2,C, niasin dan berbagai vitamin lainnya yang bagus untuk tubuh.

Cara mudah memperkuat fungsi ginjal

Buah naga menjadi salah satu buah yang bagus untuk kesehatan, terutama kesehatan ginjal anda. Buah naga ini seperti yang sudah disebutkan diatas memiliki kandungan kalium dan zat besi dan lain-lain yang mampu menetralkan racun yang bersarang di tubuh anda.

Tak hanya itu, anda juga akan terhindar dari resiko hipertensi dan akan mengurangi tekanan emosi yang anda miliki dengan mengkonsumsi buah naga ini. Perlu anda ingat ginjal adalah organ penting yang harus dijaga karena memiliki peranan yang penting untuk tubuh sehingga anda harus merawatnya dengan baik.

Ada beberapa cara yang dapat anda lakukan agar ginjal anda terawat. Cara yang pertama yang dapat anda lakukan adalah dengan mencukupi kebutuhan air harian anda. Air merupakan salah satu kebutuhan penting untuk manusia terutama untuk tubuh. Fungsi air didalam tubuh untuk membilas racun dan zat sisa metabolisme yang kemudian dibuang melalui ginjal.

Dengan banyak meminum air putih, maka secara tidak langsung kita membantu kerja ginjal untuk membuang sisa metabolisme yang masih tertinggal dalam tubuh. Jika metabolisme tersebut menumpuk dan tidak segera dibuang maka justru akan mendatangkan penyakit berbahaya bagi tubuh kita.

Cara kedua yang dapat nada lakukan adalah mengkonsumsi buah naga sebagai makanan yang membantu anda meringankan kerja ginjal. Buah naga mengandung berbagai zat yang baik untuk tubuh. Zat tokoperol yang ada didalam buah naga akan membantu ginjal memproduksi zat yang nantinya akan sangat berguna untuk tubuh terutama dalam proses metabolisme.

Untuk anda yang memiliki masalah dengan rasa yang ada pada buah naga, anda dapat mengakalinya dengan menambahkan pemanis alami seperti madu yang dapat anda campurkan dalam olahan buah naga anda. Namun, jika anda tidak memiliki masalah dengan buah naga, maka anda dapat mengkonsumsinya secara langsung.

Demikian sedikit ulasan mengenai manfaat buah naga untuk ginjal. Bagi anda yang ingin ginjal anda sehat dan terus terjaga, maka tidak ada salahnya jika anda mengkonsumsi buah naga ini setiap hari. Selamat mencoba.

Leave a Reply